Monday, February 1, 2016

Putu Ayu dengan Pewarna Hijau dari Bayam



Assalamualaikum.

Sudah lama saya menginginkan putu ayu tapi selalu bertemu masalah. Pertama, soal cetakannya. Cetakan ketemu, daun suji untuk pewarna hijaunya ga ada. Hendak mencoba dengan pewarna lain, ga jalan-jalan.

Akhirnya di suatu sore di kala hati gundah gulana (halah!), saya pun memberanikan diri membuat putu ayu dengan pewarna hijau dari bayam. Plus kelapa yang saya gunakan adalah kelapa kering. Supaya hasilnya bagus, si kelapa saya kukus bersama garam dan campur dengan air supaya lembab. Dan berhasil, alhamdulillah. Tau gitu dari dulu aja, yaaa.

Putu Ayu

(adaptasi dari Sajian Sedap)
Bahan:
70 g kelapa kering
Secubit garam
Air

3 telor ayam
100 g gula pasir
50 g tepung beras
100 g tepung terigu serbaguna
50 ml air bayam (dari 50 g daun bayam + 100 ml air)
50 g santan (saya pakai 50 ml susu)
1/4 sdt garam


Cara membuat:
1. Kukus kelapa bersama garam, beri air ketika akan dimasukkan ke dalam cetakan. Padatkan. Jangan lupa untuk mengolesi cetakan dengan minyak sayur.
2. Campur daun bayam dan air, haluskan dengan blender. Jika suka, bisa juga disaring. Saya langsung mencampur tanpa menyaring. Adonan menjadi agak padat tapi masih bisa mengembang.
3. Kocok gula pasir dan telor hingga mengembang (kurang lebih 1 menit).
4. Masukkan tepung beras, terigu, air bayam, susu dan garam. Aduk rata. Bisa juga dengan dikocok menggunakan mikser selama kurang lebih 5 detik.
5. Panaskan kukusan.
6. Tuang adonan ke dalam cetakan.
7. Kukus selama 15 menit.
8. Angkat dan sajikan.
posted from Bloggeroid

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...