Monday, January 18, 2016

Pizza Teflon




Assalamualaikum.

Pagi-pagi, ibu mertua mampir sambil membawakan empat potong pizza. Tumben. Alhamdulillah, saya terima dengan senang hati dan kami santap di waktu sarapan. Ternyata enak. Sepotong rasanya tak cukup. Saya jadi ngidam pizza tapi ga mau repot.

Pas ada beberapa teman yang berbagi resep pizza teflon, memanggang pizza di wajan teflon. Pas juga ada izgara pilic salam, semacam sosis tapi besar. Jadilah saya mencoba pizza teflon. Nyam nyam nyam. Rotinya tipis, isinya gurih. Anak-anak pun suka.

Pizza Teflon

(adaptasi dari Cocoa Shawl)
Bahan:
Roti
1 sdt peres ragi instan
1/2 sdt gula pasir
120 ml air hangat
7 sdm munjung tepung terigu protein tinggi
1 sdt bubuk bawang putih (saya pakai 2 siung bawang putih, parut)
1/2 sdt merica
1 sdt garam
1 sdm minyak sayur

Topping
Saos tomat dari dua buah tomat diblender bersama bawang bombay dan ditumis hingga kental, beri thyme dan garam secukupnya
Sosis ukuran besar, iris tipis, sesuai selera, bisa ditumis dulu jika suka
Keju parut secukupnya (saya pakai merk Torku)


Cara membuat:
1. Larutkan gula dan air hangat kemudian tambahkan ragi. Sisihkan.
2. Campur sisa bahan, tuang larutan ragi, aduk rata hingga kalis elastis. Jika masih terasa lengket, celupkan telapak tangan ke dalam terigu, uleni kembali adonan hingga kalis.
3. Simpan di tempat yang hangat selama 20 menit atau hingga adonan mengembang dua kali lipat.
4. Kempeskan adonan dan hilangkan udaranya. Bagi menjadi empat bagian. Bulatkan dan gilas tipis.
5. Panaskan wajan teflon (saya pakai wajan pancake). Gunakan api kecil.
6. Letakkan adonan di wajan, beri saos, ratakan. Tambahkan keju parut dan sosis.
7. Tutup wajan dan masak pizza hingga matang.
8. Angkat dan sajikan.

posted from Bloggeroid

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...