Tuesday, March 17, 2015

Mie Basah




Assalamualaikum.

Kemarin saya menemukan resep mie di youtube. Sebenarnya sudah lama saya penasaran, apakah bisa membuat mie hanya dari terigu dan air saja? Ternyata bisa dan hasilnya saya suka, saya suka. 

Mie ini mempunyai tekstur yang lembut yang cocok diolah sebagai mie ayam. Dan, kalau melihat videonya, tanpa bantuan pasta maker pun, mie ini masih bisa dibuat. Berat tapi hasilnya pasti menutupi beratnya, insya Alloh. 

Nah, yang sedang mencari mie untuk mie ayam buatan sendiri, silakan dicoba resepnya.

Mie Basah
(dari Cooking with May Lynn)
Bahan:
3 cup terigu
3/4 cup air
Sedikit garam



Cara membuat:
1. Campur terigu, garam, dan air. Sebaiknya terigu diayak dulu sebelum dicampur dengan air.
2. Uleni hingga bahan menyatu. Agak kering tapi pelahan mereka akan menyatu.
3. Diamkan adonan selama 15 menit (versi saya) dalam wadah tertutup.
4. Uleni kembali, saat ini adonan sudah mulai lembut. Tutup lagi selama 10 menit.
5. Buat menjadi gulungan panjang dan potong menjadi beberapa bagian.
6. Giling tiap bagian dan potong-potong sesuai selera.
7. Gunakan selalu cornstarch untuk menaburi adonan dan permukaan meja kerja untuk membantu mempermudah proses pembuatan mie.
8. Rebus dalam air mendidih yang diberi sedikit minyak, tiriskan.
9. Simpan dalam wadah tertutup atau olah sesuai selera.

Catatan:
Jika ingin menyimpan mie, campurkan mie dengan minyak sayur supaya mie tidak menggumpal dan menempel. 

Mie yang saya cetak dengan dua bentuk.
Sebelah kiri biasanya akan habis dalam 2-3 hari.
Sebelah kanan saya simpan untuk diolah suatu hari nanti.
posted from Bloggeroid

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...