Thursday, January 29, 2015

Crepe Suzette

Assalamualaikum.

Suatu hari di masa lalu, saya bertanya kepada seorang teman di kantor tentang resep pancake. Beliau memberikannya. Setelah saya coba, saya ceritakan bahwa resepnya berhasil. Masa itu, saya adalah orang yang jarang ke dapur. Dapur adalah daerah terlarang buat saya. Eniweh, beliau lalu bertanya, resepnya dibuat pancake a la Amerika yang tebal bundar itu atau yang tipis bernama crepe suzette?

Tentu saja, saya jawab pancake yang tebal karena saya tak kenal yang namanya crepe suzzete. Lalu beliau menceritakannya. Saya tetap tak mencoba membuatnya sampai kemarin. Saya mencoba membuat crepe suzette dengan saus jeruk yang asam segar. Tidak terlalu disukai anak-anak tapi cukup sedap untuk variasi sarapan. Tapi saya takkan bisa lagi menceritakannya pada teman itu karena beliau sudah lama tiada. Doakan beliau semoga Alloh ampunkan segala kesalahannya dan balaskan semua amal baiknya dengan semua kebaikan yang abadi kelak. Aamiin.

Eniweh, inilah dia, crepe suzette.




Crepe Suzette

Bahan:
200 ml susu cair
1 telor
5 sdm terigu

Saus:
5-6 jeruk mandarin, ambil airnya
1 sdm gula pasir
Sedikit lemon (jika suka)
1 sdm cornstarch

Cara membuat:
Saus:
Masak air jeruk bersama gula dan air lemon, ambil sedikit dan campurkan dengan cornstarch. Jika sudah mendidih, masukkan larutan cornstarch sedikit demi sedikit hingga mengental. Dinginkan.
Crepe:
1. Kocok telor bersama susu hingga tercampur rata.
2. Tambahkan terigu hingga kekentalan yang disukai. Saya cocok dengan 5 sdm terigu.
3. Jika adonan terlihat tak halus, saring.
4. Siapkan wajan krep dan olesi dengan minyak.
5. Tuang adonan dengan tangan kiri sementara tangan kanan menggoyangkan wajan sehingga adonan menutupi permukaan wajan dengan sempurna.
6. Masak hingga matang, balikkan sebentar, angkat.
7. Sajikan dengan saus jeruk atau selai cokelat.

Catatan:
Foto krep menggunakan resep dari frenchfood tapi hasilnya tak jauh beda.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...