Thursday, January 15, 2015

Akhirnya, Poğaça!

Assalamualaikum.

Akhirnya, kutemukan resep poğaça seperti yang kuinginkan. Tsah. 

Saya memang suka sama poğaça, sejenis roti isi yang umum dijumpai di Turki. Isi poğaça biasanya keju (aneka macam keju dan rasanya), tumis kentang, atau zaitun. Sudah dua kali saya mencoba membuat sendiri poğaça. Yang pertama tanpa ragi, yang kedua dengan ragi. Tapi saya masih belum sreg dengan hasilnya.

Nah, Alhamdulillah saya dipertemukan dengan resep poğaça yang ada di bungkus baking powder yang biasa saya beli. Penasaran pengen tahu kayak apa jadinya. Saya cobalah. Ternyata hasilnya maşallah, kata orang Turki mah. Güzel olmuş. Enak bingiiitz. Halah.

Si adonan poğaça ini lembut dan kenyal, bikin hepi pas ngadon dan ngebentuk. Tapi, seperti biasa, urusan bentuk jangan tiru saya. Masih harus banyak belajar lagi. Untuk isi, silakan dipilih sesuai selera. Saya memilih tumis kalkun yang gurih dan sedap. Eniweh, silakan dicoba. Semoga bermanfaat.

Poğaça (Dr. Oetker)
Bahan:
125 g mentega/margarin, suhu ruang
1 gelas belimbing yogurt
1/2 gelas teh minyak
1 sendok manisan garam
1 paket baking powder (10g)
3-3,5 gelas belimbing terigu

İsian:
3 buah cabe hijau cincang
1 bawang merah besar cincang
10-15 buah baso kalkun cincang
Garam

Tambahan:
1 telor, kocok
Wijen


Cara membuat:
1. Campur lima bahan pertama.
2. Tambahkan dua gelas terigu, uleni dengan tangan. Jika masih terasa lembek, tambahkan sisa terigu sedikit demi sedikit sampai adonan terasa lembut tapi tidak lembek.
3. İstirahatkan adonan sebentar sementara kita buat isian.
4. Tumis bawang cincang dan cabe cincang hingga harum, masukkan baso kalkun cincang. Beri garam dan masak sebentar.
5. Ambil sedikit adonan, gilas di meja kerja yang sudah ditaburi tepung.
6. Pipihkan sekitar 2-3 mm. Cetak dengan mulut gelas.
7. İsi dengan isian dan bentuk sesuai selera.
8. Tata di loyang. Olesi dengan kuning telor dan taburi wijen.
9. Panggang selama 20-25 menit dengan suhu 175 der C. Waktu panggang bisa lebih cepat jika oven sudah panas dan ukuran poğaça lebih kecil.
10. Angkat dan sajikan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...