Tuesday, December 30, 2014

Portakal Paluzeli Irmik Tatlısı (Puding Lapis Semolina)





Assalamualaikum.

Kemana kepo akan membawamu? Galau? Jangan dong. Kepo akhirnya membawa saya menemukan resep ini. Resep puding cantik dalam bahasa Turki yang belum sedikit pun saya kuasai. Tapi, masa sih saya ga bisa bikin? Kan ada suami yang bisa jadi translator dadakan, hehe.

Resep ini bernama Portakal Paluzeli Irmik Tatlısı. Portakal artinya orange, jeruk. Irmik itu semolina. Tatlısı maksudnya manisan. Paluzeli yang akhirnya harus saya gugel karena ga paham maksudnya.

Paluzeli berarti blancmange, puding dari susu dan tepung jagung. Ternyata blancmange cukup populer di dunia kuliner. Tapi saya belum pernah liat ibu mertua atau kakak ipar saya membuatnya.

Puding cantik ini akhirnya saya serahkan ke ibu mertua yang pesan beberapa kue untuk menjamu tamunya. Dia bilang semua suka. Alhamdulillah. Saya pun sampai dua kali membuatnya karena permintaan anak saya. Siapa yang ga suka sama puding cantik dan enak? Rasa pahit cokelat, manis puding dan jeruk yang asam bersatu menggoda lidah. Hmmm, ayo dibuat deh daripada ngiler.

Portakal Paluzeli Irmik Tatlısı
(dari Nefis Yemek Tarifleri)
Bahan:
175 g biskuit coklat (aslinya, 250. saya pakai pas satu bungkus)
2 sdm cokelat bubuk
1 sdt kayumanis
7 sdm minyak sayur (aslinya, 3 sdm mentega)

15 sdm semolina (aslinya 13)
10 sdm gula (aslinya 8)
1 ltr susu
1 bks vanila bubuk

7 buah jeruk (portakal) ambil airnya (aslinya 450 ml/2 gelas belimbing)
3 sdm misir nisastasi (cornstarch) (aslinya 2)
3 sdm gula (aslinya 2)



Cara membuat:
Dasar:
1. Hancurkan biskuit hingga halus.
2. Campur dengan cokelat bubuk, kayu manis serta minyak sayur.
3. Padatkan di dasar loyang bongpas 26cm.
4. Simpan di lemari es selama kita lanjutkan proses membuat puding ini.

Puding:
1. Campur susu, semolina, gula pasir dan vanila bubuk.
2. Masak hingga adonan mengental dan hampir mengeras.
3. Aduk dengan mikser kecepatan tinggi selama 5 menit.
4. Tuang ke loyang yang sudah dikeluarkan dari lemari es. Sisihkan.

Atasan:
1. Masak air jeruk bersama gula.
2. Ambil beberapa sendok air jeruk dan campur bersama cornstarch atau sagu. Larutkan.
3. Tuang larutan cornstarch ke dalam air jeruk yang mendidih. Aduk cepat hingga mulai padat.
4. Angkat dari api.
5. Tuang air jeruk ke loyang dengan bantuan sendok dan ratakan. Jangan dituang langsung karena hunjaman air jeruk akan merusak lapisan puding semolina.
6. Hilangkan uap panasnya dan simpan di lemari es semalaman.
7. Sajikan dingin.



Catatan:
* Pada pembuatan pertama saya menggunakan ukuran dari resep asli dan hasilnya tidak sesuai selera. Akhirnya saya gunakan ukuran sendiri yang hasilnya lebih sesuai bayangan saya. Alhamdulillah.
* Sebaiknya puding ini dibuat sore hari supaya besok pagi sudah siap disantap.
* Air jeruk bisa diganti air buah lain sesuai selera.
* Selamat mencoba.
posted from Bloggeroid

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...