Thursday, November 27, 2014

Ultimate Chocolate Chip Cookies dari Betty Crocker



Assalamualaikum.

Kemaren itu saya kepengen kukis tapi ga mau ribet megang mikser. Mentega sudah diletakkan di meja dapur sejak pagi. Hingga hari menjelang siang, saya belum tahu akan memanggang kukis model apa. Yang pasti sih kukisnya mengandung cokelat keping supaya cokelat keping sisa yang sudah tak berkemasan itu bisa habis.

Setelah melihat-lihat resep, hampir semua resep choco chip cookies itu menggunakan brown sugar dan saya ga punya brown sugar. Akhirnya, saya mengikuti tips di salah satu blog, pakai gula biasa dan tambahkan 1 sdm molasses (pekmez). Jadi deh walau manis banget.

Resep ini saya ambil dari Betty Crocker. Resep idaman karena bahannya ekonomis, sementara hasil jadinya lumayan banyak dan rasanya enak, enak, enak. Tekstur kukisnya garing di pinggiran, agak empuk di tengah dan chewy juga, lengket-lengket di gigi, hehe. Penasaran? Bikin gih.

Ultimate Chocolate Chip Cookies

(dari Betty Crocker)
Bahan:
3/4 cup gula bubuk
3/4 cup brown sugar (saya pakai gula bubuk + 1 sdm molases)
1 cup mentega suhu ruang (saya pakai kurleb 200-250 g)
1 telor
2 1/4 tepung terigu
1 sdt baking soda
1/2 sdt garam
2 cup cokelat keping (saya pakai kurleb 200 g)

Cara membuat:
1. Campur mentega, gula bubuk, brown sugar dan telor, aduk rata.
2. Tambahkan terigu, baking soda dan garam, aduk rata kembali.
3. Masukkan cokelat keping. Aduk rata.
4. Siapkan loyang yang sudah dioles minyak.
5. Panaskan oven suhu 180-190 der C.
6. Ambil adonan 1 sdm (saya pakai sendok ukur) ratakan dan tata di loyang. Beri jarak karena adonan akan melebar dan membesar (1 loyang hanya 12 kukis).
7. Panggang selama 8-10 menit. Jika diangkat kukis masih lunak, ia akan mengeras ketika didinginkan.
8. Simpan dalam wadah kedap udara.

posted from Bloggeroid

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...