Sunday, November 16, 2014

Klappertart Kukus a la Antep



Assalamualaikum.

Klappertart. Akhirnya, saya nekat bikin klappertart setelah diceritain melulu sama adik saya, hehe. Klappertart ada yang dipanggang, ada yang dikukus. Resepnya pun bervariasi, silakan dicek google masing-masing. Resep kali ini saya pilih karena sederhana dan mudah.

Seperti biasa terjadi modıfikasi besar-besaran dalam komposisi bahan, ceile. Kelapa mudanya diganti dengan kelapa kering. Kismis diganti aprikot kering dan kenari digantikan posisinya oleh walnut. Dan beberapa modif lainnya. Yang pasti saya suka, anak-anak ga suka. Baguuuus. ^^!

Klappertart Kukus

(adaptasi dari Sambel Ulek)
Bahan:
6 lembar roti tawar, disobek-sobek (saya pakai roti somon, 6 iris)
100 ml susu cair untuk perendam

Bahan Vla :
350 ml santan dari 1/2 butir kelapa (saya pakai susu)
1 lembar daun pandan (tidak pakai)
25 gram tepung maizena (misir nisastasi)
1 sendok makan tepung terigu
75 gram gula pasir
1/2 sendok teh garam
2 butir telur, dikocok lepas
1/4 sendok teh esens vanila (tidak pakai)
200 gram kelapa muda, dikeruk lebar (saya pakai kelapa kering)
50 gram kismis, dibelah dua (saya pakai aprikot kering)
10 buah walnut, cincang kasar


Cara membuat :
1. Rendam roti tawar di dalam susu cair. Saya tempatkan satu iris roti di wadah alumunium foil untuk sütlaç.
2. Rebus susu, daun pandan, tepung maizena, tepung terigu, gula pasir dan garam sampai kental dan meletup-letup. Angkat.
3. Masukkan telur dan esens vanila. Aduk rata. Tambahkan kelapa muda, kismis, dan kenari. Aduk rata.
4. Tuang di atas roti tawar.
5. Kukus 45 menit di atas api kecil sampai matang. Angkat, hidangkan.

posted from Bloggeroid

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...