Wednesday, July 30, 2014

Yang Juara di Hari Raya: Kladdkaka



Assalamualaikum.

Pagi hari 1 Syawal, Antep sepi. Sempat ramai sejenak ketika para pria muslim lagi mukmin pergi sholat Eid di masjid. Para perempuan tidak pergi sholat karena tidak ada tempat untuk perempuan. Selesai sholat, sepi lagi. Aktifitas berjalan seperti biasa. Pakaian-pakaian yang baru dicuci dan dijemur melambai-lambai ditiup angin. Beberapa rumah mungkin masih dalam dunia mimpi karena penghuninya masih tidur.

Kami sudah siap-siap sejak subuh. Lebaran kali ini saya masak lontong soto. Untuk hantaran ke rumah mertua, saya menyiapkan Kladdkaka, kue coklat a la Swedia dari @FiveEuroFood.

Acara silaturahim hari raya di Antep memang dimulai agak siang. Sarapan hari raya misalnya dimulai sekitar jam 8 pagi dengan menu khas Yuvarlama, sup yogurt berisi bola-bola tepung beras dan nasi orzo. Kalau tak ada menu itu, ya sarapan biasa.

Seperti tahun lalu, saya membiasakan diri membawa hantaran buat mertua. Tahun lalu saya membuat bronis kukus. Tahun ini saya membuat Kladdkaka, kue coklat Swedia anti-gagal. İni sudah saya buktikan karena saya menggunakan tepung bran sehingga adonan menjadi terlalu padat hingga tampangnya tidak cantik. Saya sempat menyesal kenapa mencoba resep baru di masa darurat lebaran begini. Tapi tak ada waktu lagi. Kami harus berangkat.

Tapi ketakutan saya itu tidak terjadi. Kakak ipar yang selalu milih-milih makanan dan selalu tanya "apa isinya?" mulai colak-colek duluan.

Ternyata, buat mereka kue itu enak sekali. Suami kakak ipar pun pengen tahu resepnya. Alhamdulillah. Padahal menurut saya, kue itu terlalu manis (Biasa, masalah orang manis ya begitu. Haha).

Si Kladdkaka itu adalah kue coklat yang lengket dan kenyal seperti dodol (gooey). Waktu panggangnya hanya 25 menit karena jika terlalu lama cita rasa gooey-nya akan hilang. Kue itu adalah kue yang umum disajikan di kafe-kafe di Swedia. Pokonya kalau sedang buru-buru dan ingin sajian yang bisa memuaskan semua orang, silakan coba Kladdkaka.

Kladdkaka (Swedish Sticky Chocolate Cake)
(dari FiveEuroFood)
Bahan:
200 g gula halus (bisa dikurangi jika tak suka manis)
140 g terigu serbaguna
50 g coklat bubuk
1 sdt baking powder
120 g mentega (cairkan)
2 telor

Kladdkaka siap dipanggang

Cara membuat:
1. Panaskan oven suhu 170-175°C.
2. Campur rata bahan kering.
3. Tuang mentega yang sudah dicairkan. Aduk rata.
4. Masukkan telor, aduk rata. Adonan terlihat padat.
5. Panggang selama 25 menit. Dinginkan lalu taburi dengan gula bubuk.
6. Sajikan.


posted from Bloggeroid

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...