Tuesday, May 13, 2014

Bagel (dengan Ragi Alami)



Assalamualaikum.

Setelah berhasil membuat ragi dan ragi biang sendiri, saya memberanikan diri membuat resep yang menggunakan ragi biang seperti di buku Sangjin Ko: Bagel.

Si Bagel ini sebenarnya ga asing di Turki karena orang Turki punya bagel sendiri yang bernama Simit. Rasanya pun 11-12, kalau menurut saya. Membuatnya pun sama, ribet. Hehe.

Buat saya pribadi, Bagel mengingatkan saya kepada seorang teman yang sudah saya anggap seperti ibu sendiri. Beliau ini suka banget makan Bagel, mungkin karena beliau pernah lama tinggal di New York. Kadang kalau beliau sempat membeli Bagel di suatu tempat di Jakarta, beliau akan membeli lebih supaya saya dan teman kantor bisa mencicipi. Untuk mengenangnya, saya mencoba resep Bagel ini. Ibu Ine, andai ibu masih ada, saya akan dengan senang hati mengabari bahwa saya sudah bisa membuat Bagel. Hiks, jadi sedih.

Jadi, akhirnya saya bisa memastikan si ragi bekerja dengan baik. Yang penasaran dan pengangguran seperti saya, silakan coba yaaah.

Bagel
Bahan:
250 g terigu protein tinggi (untuk Turki dsk, silakan coba ekmeklik un)
125 g ragi biang
20 g gula pasir
5 g garam
25 ml minyak zaitun (saya pakai 1,5 sdm)
125 air (saya pakai susu)

Cara membuat:
1. Campur terigu, gula dan garam. Aduk rata.
2. Masukkan ragi biang, minyak dan susu, aduk lagi dan uleni hingga kalis elastis. Tidak ada keterangan berapa lama jadi pastikan saja adonan sudah kalis elastis.
3. Simpan dalam wadah dan tutup dengan serbet di tempat hangat. Saya simpan dalam oven bersuhu 50°C dengan lampu menyala.
4. Diamkan selama 60 menit atau adonan sudah mengembang dua kali. Adonan saya tidak terlihat terlalu besar tapi saya tetap melanjutkan prosesnya.
5. Bagi adonan masing-masing 100 gram. Bulatkan dan simpan kembali selama 30 menit.
6. Setelah mengembang, bulatan tadi saya pipihkan dan lubangi tengahnya dengan bantuan mulut botol, seperti membuat donat.
7. Simpan kembali dalam oven selama 60-90 menit. Saya sampai dua jam karena lupa!
8. Siapkan air mendidih dan panaskan oven dengan suhu 220°C.
9. Masukkan adonan bagel ke dalam air mendidih selama 20 detik. Tiriskan dengan saringan dan letakkan di loyang yang dilapis baking paper atau margarin.
10. Olesi dengan telor kocok, saya lewati.
11. Panggang selama 15 menit.
posted from Bloggeroid

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...