Tuesday, November 20, 2012

Pumpkin Bread




Bulan November adalah bulan ketika labu kuning yang besar-besar itu berseliweran di pasar. Seneng gitu ya ngeliatnya abis warna oranyenya menggoda iman banget, hehe. Tapi kalo beli segede gambreng gitu, gimana masaknya? Tenang. Di pasar, kita bisa membeli setengah atau seperempat bagian dari labu. Kemaren itu saya beli seperempat bagian labu dengan harga 3TL. Tadinya saya pikir bisa dibagi dua lagi tapi si
abang penjualnya main timbang dan bungkus aja. Ya udah deh.

Terus diapain tu labu?
Pertama dibuat kolak labu. Kali ini tanpa santan atau pekmez. Beneran deh, anyeb! :) Don't try this at home pokonya yak.

Udah bikin sepanci gede ternyata masih ada sisa. Baiklah, mari kita mencoba resep pumpkin bread. Jaman masih ceting pake MIRC, ada tuh, temen ceting yang suka bikin pumpkin bread. Ternyata, enak juga tu pumpkin bread. Luarnya kering, dalamnya lembyuuut. Saking lembutnya, ga usah dikunyah bisa langsung ditelan. Hehehe.

Pumpkin Bread

(dari Simply Recipe, setengah resep)
Bahan:
1/2 + 1/4 cup terigu (saya pake bran flour)
1/4 sdt garam (ga pake)
1/2 cup gula
1/2 sdt baking soda

1/2 cup pure labu (saya rebus dulu labunya baru dihaluskan)
1/4 cup minyak sayur
1 telor, kocok
1/8 cup air (saya pake 1/4 cup karena salah liat, hehe)
Coklat keping untuk taburan, secukupnya

Cara membuat:
1. Campur bahan kering, ayak jika perlu.
2. Campur bahan basah hingga rata.
3. Tuang bahan basah ke dalam bahan kering, aduk tapi jangan terlalu lama.
4. Panaskan oven 180 der C.
5. Tuang adonan ke dalam loaf yang dialas kertas baking.
6. Taburi coklat keping.
7. Panggang selama 30-40 menit.

Catatan:
Karena saya menggunakan bran flour yang teksturnya lebih padat dari terigu biasa, kelebihan air dari 1/8 menjadi 1/4 tidak terlalu berpengaruh. Hasil akhir, tekstur kue lembut, manis dan garing di luar.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...