Thursday, October 11, 2012

Orange Cake: Panjang Ceritanya...

Jadi ceritanya saya lagi pengen memberdayakan bahan-bahan yang ada di rumah. Ada jeruk, banyak banget. Biasanya diperas dan diminum airnya. Bisa ga buat cake? Ternyata bisa. Dibuatlah orange cake. Dapet resep pertama, hasilnya, yak basah. Kali kedua saya manggang dengan hasil seperti itu, dites pake tusuk sate udah kering tapi pas dipotong
dalamnya masih basah. Saya ga ngerti apa sebabnya. Penasaran? Banget!

Terus, saya coba lagi resep orange cake yang berikutnya, dari martha stewart. Resepnya cuma butuh 1 sdm air jeruk dan pake yogurt biar lembut. Alhamdulillah yang ini matang sempurna. Tapi karena cuma 1 sdm, rasa jeruknya ga begitu terasa. Apalagi jeruk yang saya pake cuma jeruk biasa. Mungkin dengan jeruk beneran yang berwarna oranye, hasilnya bisa lebih marsodap :D

Kesimpulannya? Jangan coba resep dari blog atau situs resep yang ga pake foto hasil jadi. Lah? Ya bisa jadi yang bikin asal taro aja disitu. Resep dari martha stewart ada fotonya dan videonya juga. Jadi kita tau target si kue bakal kayak gimana nanti penampakannya. Bener ga?

Orange Cake
Bahan:
A
1 cup terigu
1/2 cup gula
1 sdm baking powder
Secubit garam
B
1/2 cup yogurt
1/4 cup minyak sayur
1 sdt kulit jeruk parut
1 sdm jus jeruk (asli bukan yang dalam kemasan)
1 buah telor

Cara membuat:
1. Campur dan ayak bahan kering (A).
2. Campur dan aduk rata bahan basah (B).
3. Tuang bahan A ke dalam bahan B, aduk rata.
4. Panaskan oven 180 der C.
5. Siapkan loyang 8 inchi yang dioles mentega (saya pake loyang pyrex persegi dilapis dengan kertas baking dan minyak).
6. Panggang selama 25-30 menit.
7. Angkat dan dinginkan. Taburi dengan gula bubuk dan beri irisan jeruk (lihat videonya).



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...