Wednesday, May 9, 2012

Roti (No Knead Bread)

Roti (No Knead Bread)


Assalamualaikum.

Udah lama pengen bisa bikin roti sendiri. Pernah nekat membuat roti, belum berhasil. Masih belum puas sama hasil akhirnya. Sama juga sama donat. Mungkin belum waktunya. Kembali ke roti, akhirnya, saya berhasil membuat roti (tawar) yang ga pake mbanting-mbanting dan insya Alloh pasti jadi.

Pertamanya, liat resep roti di steamy kitchen. Abis tu, emang rejeki, ketemu resep
roti yang sama tapi beda dikit, di blog mba Citra. Akhirnya, mari kita memberanikan diri manggang roti.

Roti (No Knead Bread)
Bahan:
3 cup terigu (saya pake terigu biasa)
1 sdt ragi instan
1/2 sdm gula
2 sdt garam
1 1/2 cup air hangat

Cup = Cangkir atau gelas minum ukuran 200ml


Cara membuat:
1. Campur semua bahan, aduk rata. Tutup wadah dengan plastik makanan. Simpan di tempat hangat (kalo saya, di balkon) selama 15 jam (saya mulai jam 3 sore, baru mulai saya tengok jam 7 pagi besoknya).
2. Taburi meja dapur atau meja makan dengan tepung. Keluarkan adonan (yang sudah berubah bentuk) letakkan di meja bertepung dan lipat ke tengah (ambil tiap sudut adonan, tarik ke tengah) selama beberapa menit. Masukkan kembali ke wadah, tutup kembali dengan plastik. Tunggu 20 menit.
3. Siapkan oven dengan suhu tertinggi 240-250 derajat C. Siapkan juga panci tahan panas dan tutupnya (saya pake pyrex). Panaskan pyrexnya selama 30 menit.
4. Keluarkan pyrex (awas panas) dan masukkan adonan roti ke dalam pyrex. Pastikan tangan berlumur tepung supaya mudah memindahkan adonan.
5. Tutup pyrex dan panggang selama 25-30 menit.
6. Buka tutup pyrex, teruskan memanggang sampai 20-30 menit. Pukul adonan, jika terdengar suara seperti kopong, roti sudah siap dikeluarkan dari oven.
7. Dinginkan dan sajikan sesuai selera.

Catatan:
Untuk tutorial pembuatan roti ini, silakan kunjungi dua blog tersebut di atas. Semoga berhasil.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...